Adakah Ikan Banci.??

Posted: 7 Januari 2008 in Situs Terkait
Tag:

Para peneliti menemukan ikan-ikan jantan dengan telur di testis mereka disertai dengan sifat-sifat seperti ikan betina di perairan California Selatan. Mereka menduga bahan-bahan kimia yang dibuang ke perairan tersebut merupakan biang keladi munculnya ikan-ikan banci ini Para peneliti menemukan ikan-ikan jantan dengan telur di testis mereka disertai dengan sifat-sifat seperti ikan betina di perairan California Selatan. Mereka menduga bahan-bahan kimia yang dibuang ke perairan tersebut merupakan biang keladi munculnya ikan-ikan banci ini. 
Dalam dua laporan penelitian, disebutkan adanya perubahan pada ikan jenis sole Inggris dan halibut California – keduanya adalah ikan-ikan dasar laut – yang hidup di perairan sekitar lokasi pembuangan. Menurut Dan Schlenk, peneliti lingkungan dari Universitas California, Riverside, tingginya kandungan estrogen di perairan – baik yang alami maupun yang dibuat manusia untuk pil KB – diduga telah menyebabkan ketidaknormalan ikan-ikan itu. Estrogen tersebut berasal dari urin yang mengalir ke saluran pembuangan dan akhirnya menuju laut. Selain itu senyawa-senyawa lain dengan sifat seperti estrogen yang dibuang oleh industri kimia tertentu, juga ikut memperparah kondisi perairan di sana.  
Namun anehnya, kandungan protein telur tinggi pada ikan-ikan jantan justru ditemukan di wilayah dengan kandungan estrogen rendah pada endapannya. Oleh karena itu munculnya karakteristik betina pada ikan jantan bisa jadi disebabkan bahan kimia lainnya. Kita mungkin memiliki biang keladi lain di sini, kata Schlenk. Kami menduga bahan itu berasal dari air limbah.Salah satu yang dicurigai Schlenk adalah DDT, pestisida yang dilarang penggunaannya di AS sejak 1972 karena menyebabkan masalah reproduksi pada burung-burung. Meski tidak lagi digunakan, namun DDT bisa tersimpan di lingkungan dalam jangka waktu lama. Saat ini saluran limbah berisi bahan kimia alami dan buatan yang kemudian diendapkan di dasar laut. Dan saluran pembuangan di sini mungkin merupakan salah satu yang paling tercemar DDT di seluruh Amerika Utara.

Sumber:  reuters 
Penulis:  Wsn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s