DKP Tingkatkan Infrastruktur Pelabuhan Perikanan di Indonesia Timur

Posted: 7 Januari 2008 in Situs Terkait
Tag:

Departemen Kelautan dan Perikanan terus berupaya meningkatkan infrastruktur pelabuhan perikanan untuk mendukung sektor perikanan. Dari daftar pelabuhan yang akan dibangun, Indonesia Timur menjadi prioritas pembangunan, sebab kawasan utama tangkapan ikan berada di wilayah ini.Beberapa pelabuhan perikanan yang akan ditingkatkan kapasitasnya, adalah pelabuhan Teluk Awang (Nusa Tenggara Barat), Makassar (Sulawesi Selatan), Nunukan (Kalimantan Timur), Biak dan Merauke (Papua), dan Nunukan (Kalimantan Timur).

“Kami akan meningkatkan kapasitas pelabuhan, sehingga Indonesia minimal mempunyai 10 Pelabuhan Perikanan Samudera dan 22 Pelabuhan Perikanan Nusantara,” kata Direktur Pelabuhan Direktorat Perikanan Tangkap DKP, Ibrahim Basri, Jumat (13/7) di Ternate.

Kini, Indonesia baru mempunyai 5 Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) dan 10 Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN). Bila dilihat rasio pelabuhan dengan panjang garis pantai, Indonesia jauh tertinggal dengan negara lain.  

Jepang dengan panjang pantai 34.000 km memiliki 3.000 pelabuhan perikanan, atau satu pelabuhan perikanan tiap 11 km garis pantai. Thailand dengan panjang pantai 2.600 km mempunyai 52 pelabuhan perikanan, atau satu pelabuhan perikanan tiap 50 km garis pantai.

Menurut Ibrahim, Indonesia baru punya satu pelabuhan perikanan per 100 km. Namun, bila yang diperhitungkan hanya pelabuhan besar kelas Samudera dan Nusantara, sebenarnya Indonesia hanya punya 15 pelabuhan perikanan, atau satu pelabuhan perikanan setiap 5.400 km garis pantai.

Dana yang dibutuhkan untuk membangun PPS Rp 500 miliar per pelabuhan, sedangkan untuk membangun PPN Rp 300 miliar per pelabuhan. DKP hanya akan membangun dermaga, kolam pelabuhan, dan pemecah ombak. Sarana lain diharapkan dibangun swasta berupa pabrik es, penyimpanan ikan berpendingin atau cold storage, dan pabrik pengolahan ikan.

Sumber : KCM
Wawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s