Jaring Insang Tiga Lembar (Trammel Net)

Posted: 3 Maret 2008 in Berita Perikanan
Tag:

Jaring insang tiga lembar atau disebut juga dengan trammel net adalah jaring yang konstruksinya terdiri dari tiga lembar jaring. Jaring ini umumnya dipergunakan untuk menangkap ikan dasar termasuk jenis udang.

PENANGKAPAN IKAN KAKAP MERAH

Salah satu dari alat tangkap yang cocok untuk menangkap ikan kakap merah dan ikan di perairan pantai adalah alat tangkap yang disebut dengan jaring insang tiga lembar atau dalam bahasa asingnya disebut dengan “trammel net.

KONSTRUKSI JARING

Konstruksi dari trammel net terdiri dari tiga lembar jaring, satu lembar jaring dengan ukuran mata yang kecil (jaring bagian dalam) dan dua lembar jaring dengan ukuran mata yang besar (jaring bagian luar). Jaring yang ukuran matanya kecil diapit dengan jaring yang ukuran matanya besar.

Jaring bagian luar
Bahan Amilan No.210D/6, besar mata jaring (mesh size) 8.89 cm (3 inci), jumlah mata ke arah tinggi jaring 4.5 mata. Jumlah mata ke arah panjang 21 mata/m.

Jaring bagian dalam
Bahan Amilan No.210D/3-210D/6, besar mata jaring (mesh size) 5.08 (2 inci)-6.35 cm (2.5 inci) dan jumlah mata ke arah tinggi jaring 50 mata. Jumlah mata ke arah panjang 32 mata/m.

Panjang jaring
Panjang jaring dalam satu tingting (piece) yang terbaik adalah 40.5 m.

METODE PENGOPERASIAN

Jumlah piece yang harus dipakai disesuaikan dengan kondisi modal yang ada atau disesuaikan denagn kondisi daerah penangkapan. Jaring diset menetap di dasar perairan, pemasangan jaring sebaiknya dilakukan 30-60 menit sebelum mata hari terbit dengan lama perendaman selama 2-3 jam.

DAERAH PENANGKAPAN

Daerah penangkapan terbaik adalah di daerah penangkapan yang sebelumnya sudah diketahui adanya keberadaan ikan kakap merah, biasanya di perairan berkarang kemudian jaring dipasang melingkari karang atau dipasang di dekat karang. Jaring ini bisa dioperasikan sampai kedalaman 80-120 m.

MUSIM PENANGKAPAN

Musim penangkapan sepanjang tahun.

PEMELIHARAAN ALAT

Pemeliharaan alat tangkap sebaiknya setelah alat dipakai dicuci dengan air tawar, bagian yang rusak diperbaiki, dikeringkan di tempat yang tidak kena sinar matahari secara langsung dan disimpan ditempat yang bersih.

PENGADAAN ALAT DAN BAHAN JARING

Alat dan bahan jaring bisa diperoleh di semua toko perlengkapan nelayan di lokasi terdekat atau bisa dipesan dari pabrik jaring “PT. Arida” di Cirebon atau “PT Indoneptun” di Ranca ekek Bandung.

Sumber : Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Ditjen KP3K

Komentar
  1. RASYIDIN mengatakan:

    Penangkapan ikan dengan jaring lebih baik dari pada penangkapan dengan menggunakan bom atau racun ikan karena akan merusak biota laut, mohon informasi no. telepon atau email PT ARIDA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s